Wednesday, April 24, 2013

Gerhana Bulan 26 April 2013

Jumat Pagi pada tanggal 26 April 2013 sekitar pukul 2 dini hari bagi para penggemar Chelsea pasti akan rela begadang untuk menyaksikan laga pertandingan piala eropa melawan Basel. Bagi yang sedang menyaksikan siaran langsung tersebut tidak ada salahnya kita sempatkan untuk sejenak mengamati peristiwa Astronomis yaitu Gerhana Bulan. Berikut Detail peristiwa Gerhana tersebut :

Sumber : lisaandriyani98.blogspot.com

Pada 26 April 2013, bulan akan memasuki wilayah penumbra pada pukul 01.03 WIB kemudian pada pukul 02.54 WIB bulan akan memasuki fase gerhana parsial dan gerhana bulan parsial akan mencapai puncak nya pada pukul 03.07 WIB. Fase gerhana parsial akan berakhir pada pukul 03.21 WIB dan bulan meninggalkan wilayah penumbra pada pukul 05.11 WIB. Pada saat gerhana bulan parsial terjadi, posisi bulan dilangit malam berada di selatan konstelasi virgo sekitar 12 derajat dari timur bintang spica. Gerhana bulan parsial 26 april 2013 merupakan gerhana parsial dengan waktu terpendek kedua diabad ke-21 ini karena fase parsialnya hanya berlangsung kurang dari 27 menit. (http://kafeastronomi.com)

Hanya 1% bagian Bulan yang memasuki wilayah Umbra 
Sumber: F. Espenak / NASA-GSFC

Wilayah yang dapat mengamati Gerhana Sumber : www.universallifetools.com
Tanpa alat bantu khusus kita bisa mengamati peristiwa ini, tapi jika ingin melihat detailnya silahkan keluarkan Teleskop atau Binokuler bila anda memiliki. Lain lagi bagi anda pecinta "Jeprat-Jepret", siapkan Kamera Digital/DSLR jangan lupa bawa Tripod, biar lebih Jrenk ada bagusnya pake lensa tele (> 250 mm). Cari lokasi atau buat momen tertentu biar hasil Jepretan anda memiliki nilai seni dan kesan yang mendalam.Oya,,, Jangan Lupa,, Lakukan Sunnah! ehm... Malam Jumat ya... Eit... eit.. ada Sunnah lain loh... Sholat Gerhana, Komplitkan!


Selamat Menikmati


No comments:

Post a Comment